Selamat Datang di Website Resmi Desa Suela, Kec.Suela, Kab.Lombok Timur, NTB

Artikel

Belajar dari Argentina: Masalah Besar Jakarta Masalah Daerah Lain Juga di Indonesia Termasuk NTB

06 November 2018 08:34:57    449 Kali Dibaca  Berita Desa

DESAKITA.COM - Ketua Ekspedisi Cincin Api Kompas Ahmad Arif menyatakan bahwa tak jarang Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL) di Indonesia, terlaksana melalui kajian yang tak mumpuni alias abal-abal. Akibatnya, bencana datang melanda ribuan korban jatuh dan hilang ditelan tsunami, likufaksi pasca gempa besar. Seperti di Aceh tahun 2004, di Lombok dan Sulawesi tahun 2018.

Belum lagi kebijakan berhadapan dengan persoalan ketimpangan sosial yang belum selesai sampai sekarang. Dua masalah ini menjadi PR besar Republik Indonesia berlandaskan Pancasila yang sudah dikenal dunia.

Bersyukur penegasan dua masalah besar di Indonesia ini ditemui di negara Argentina pasca Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pekan lalu menghadiri pertemuan Urban 20 Mayors Summit atau U20 di Buenos Aires, Argentina. Di sana ia mengikuti sejumlah diskusi yang membahas masalah utama di kota-kota besar, termasuk Jakarta.

Menurut Anies, 80 persen aktivitas perekonomian berjalan di perkotaan. Begitu juga yang terlihat di Jakarta. Kegiatan yang masif ini menimbulkan dua masalah utama yaitu perubahan iklim dan ketimpangan sosial. "Kalau anda lihat, kegiatan perkotaan penyumbang polusi terbesar di perkotaan," kata Anies di kawasan Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu, 3 November 2018.  

Bersama perwakilan dari 20 negara peserta U20, Anies membicarakan permasalahan umum yang terjadi di negara masing-masing. Selain polusi, 20 negara sepakat ada persoalan integrasi sosial di perkotaan. Integrasi sosial berbicara soal ketimpangan, baik pekerjaan, pendidikan, maupun status sosial ekonomi.

Masalah itu, kata Anies Baswedan, dapat diselesaikan dengan kerja kolektif. Maksudnya adalah menjalankan satu program untuk diimplementasikan di kota-kota besar, termasuk Jakarta. Dia mencontohkan pembuatan listrik berbasis tenaga surya yang dikerjakan kolektif di pelbagai kota di Indonesia."Kalau dikerjakan sendiri-sendiri, maka biayanya mahal," ujar dia.

Sumber: TEMPO.CO

Editor : Bambang Hilmawan

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Pemerintah Desa

 Peta Wilayah Desa

 Peta Desa

 Statistik

 Sinergi Program

 Agenda

Belum ada agenda

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Yusuf-Abdullah Desa Suela, Kecamatan Suela, Kabupaten Lombik Timur-NTB
Desa : Suela
Kecamatan : Suwela
Kabupaten : Lombok Timur
Kodepos : 83657
Telepon : 0376
Email : [email protected]

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:39
    Kemarin:147
    Total Pengunjung:163.770
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.70.39.31
    Browser:Tidak ditemukan

 Arsip Artikel