Selamat Datang di Website Resmi Desa Suela, Kec.Suela, Kab.Lombok Timur, NTB

Artikel

Laporan Rapat Koordinasi Bumdes-Pamdes

03 Januari 2019 13:38:53    384 Kali Dibaca  Berita Desa

Rapat Koordinasi Bumdes & Pamdes

Pemerintah desa suela gelar rapat koordinasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan unit usaha Perusahaan Air Minum Desa (PAMDes) di Aula Pertemuan Desa Suela, 3 Januari 2019.

Pertemuan tersebut terjadi karena tingginya keinginan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan akan air bersih. Selain karena adanya animo masyarakat untuk mendapatkan pemberdayaan melalui BUMDes. Mengingat BUMDes maupun PAMDes adalah satu kesatuan unit yang saling menopangdalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut diatas, ditegas oleh kepala desa Suela, Rosyidi dalam sambutannya "Banyak sekali keluhan masyarakat tentang pelayanan air bersih, kedepan kita ingin ada perbaikan dalam pengelolaan sehingga kebutuhan air masyarakat dapat terpenuhi" tegasnya.

Sejalan dengan, Ia juga menegaskan bahwa "Bupati sangat mendukung pengembangan BUMDes Mart dalam pengelolaan Aset Desa. Banyak aset2 desa yang akan dikembangkan oleh BUMDes kedepan", ungkapnya.

Sebagaimana kita pahami bersama sebagai satuan politik terkecil pemerintahan, desa memiliki posisi stategis sebagai pilar 
pembangunan nasional. Desa memiliki banyak potensi tidak hanya dari segi jumlah 
penduduk, tetapi juga ketersediaan sumber daya alam yang melimpah. Jika kedua potensi ini bisa dikelola dengan maksimal maka akan memberikan kesejahteraan bagi penduduk desa.

Akan tetapi, disadari bahwa selama ini pembangunan pada tingkat desa masih memiliki banyak kelemahan.Kelemahan pembangunan pada tingkat desa antara lain disebabkan tidak hanya karena 
persoalan sumber daya manusia yang kurang berkualitas tetapi juga disebabkan karena
persoalan keuangan.

Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah dengan menggelontorkan 
berbagai dana untuk program pembangunan desa yang salah satunya adalah melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Menurut Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 39 Tahun 2010, BUMDes merupakan 
usaha desa yang dibentuk/didirikan oleh pemerintah desa dimana kepemilikan modal dan pengelolaannya dilaksanakan oleh pemerintah desa dan masyarakat.

Tujuan dari dibentuknya BUMDes merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kemampuan keuangan pemerintah desa dalam penyelenggaraan pemerintahan dan meningkatkan pendapatan masyarakat melalui berbagai kegiatan usaha ekonomi masyarakat perdesaan.

Keberadaan BUMDes ini juga diperkuat oleh UU Nomor 6 Tahun 2014 yang dibahas dalam BAB X pasal 87-90 antara lain menyebutkan bahwa pendirian BUMDes disepakati melalui musyawarah desa dan dikelola dengan semangat kekeluargaan dan kegotongroyongan.

Penulis: Muhammad Hirsan

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Pemerintah Desa

 Peta Wilayah Desa

 Peta Desa

 Statistik

 Sinergi Program

 Agenda

Belum ada agenda

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Yusuf-Abdullah Desa Suela, Kecamatan Suela, Kabupaten Lombik Timur-NTB
Desa : Suela
Kecamatan : Suwela
Kabupaten : Lombok Timur
Kodepos : 83657
Telepon : 0376
Email : [email protected]

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:67
    Kemarin:100
    Total Pengunjung:143.695
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.70.126.101
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel