Selamat Datang di Website Resmi Desa Suela, Kec.Suela, Kab.Lombok Timur, NTB

Artikel

DESA DI TENGAH ARUS GLOBALISASI

25 Januari 2021 08:58:55  MUHAMMAD HIRSAN SPd  377 Kali Dibaca  Berita Desa

Salah satu agenda global untuk mendorong manusia berkumpul di satu titik, yang berada di wilayah kota berdamapak pada ketimpangan di desa-desa. Hal ini diperlihatkan dalam gini ratio Indonesa yang cukup tinggi, sehingga memicu kesenjangan.

 

Kosep ini terlihat dari cara pandang masyarakat Indonesa, bahwa tinggal di daerah perkotaan menjajikan kesuksesan dan kesenangan dunia. Namun, dengan kepadatan yang cukup tinggi, pada akhirnya menciptakan banyak permasalahaan di kota-kota; sanitasi, air, banjir, kualitas udara adalah beberapa permasalahan yang ditimbulkan.

 

Berbagai macam konsep tata kota pun di buat, mulai dari green city, hingga smart city. Tujuanya agar manusia tetap mau datang ke kota.

 

Melihat fakta ini pemerintah membuat program untuk menekan ketimpangan. Karena ketimpangan yang cukup tinggi akan memicu chaos sosial, sehingga mendirikan kementrian desa yang didasarkan UU Desa Nomor 6 Tahun 2014. Dana pun diglotorkan secara besar-besaran ke desa-desa.  Tujuan agar ekonomi berputar di desa. Dan para insiyur yang belajar di kota kembali kedesa mengembangkan desanya masing masing. Bumdes didorong, koperasi desa dibangun, hal ini bertujuan agar desa dapat memproduksi prodak-prodak yang berkualitas. Dan hal ini sejalan dengan One village One Product.

 

Namun demikian, tantangan yang harus dihadapi dalam membangun desa adalah SDM, membangun sistem pemerintahan yang baik, terbuka, transparan. Diman ahlaq menjadi hal yang diutamakan. Baru lah kita bisa membangun desa dengan konsep yang kita inginkan.

 

Sebagai penutup, coba kita simak bunyi Qur’an Surat Al-Kahfi أَمْ حَسِبْتَ أَنَّ أَصْحَٰبَ ٱلْكَهْف ِ وَٱلرَّقِيمِ كَانُوا۟ مِنْ ءَايَٰتِنَا عَجَبًا

“Bukan kah orang orang yang mendiami gua dan bermukim termasuk tanda tanda ayat kami menajubkan.”

Unduh Lampiran:
ARTIKEL DESA DI TENGAH ARUS GLOBALISASI

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Pemerintah Desa

 Peta Wilayah Desa

 Peta Desa

 Statistik

 Sinergi Program

 Agenda

Belum ada agenda

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Yusuf-Abdullah Desa Suela, Kecamatan Suela, Kabupaten Lombik Timur-NTB
Desa : Suela
Kecamatan : Suwela
Kabupaten : Lombok Timur
Kodepos : 83657
Telepon : 0376
Email : [email protected]

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1
    Kemarin:125
    Total Pengunjung:143.347
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.69.58.99
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel